Ini Namanya Kerja Keras

Makou Production On The Go
Ungkapan atas rasa syukur kepada Allah patut diucapkan.

Kami dipertemukan pada suatu event. Sejak itu, kami seperti terasa menyatu satu sama lain. Susah bareng, senang pun bareng. Makan dan tidur aja bareng. Itu lah kami, Makou Production. Hahaha.

Yeay! Film kita udah jadi dong! Judulnya "SUNTING" Kayak di bawah ini nih cover filmnya.



Btw, nama dari orang-orang yang terlibat di dalamnya belum di-edit lagi sama editor-nya. Kalau udah ada, aku bakal reupload. 


Film ini dibuat dalam rangka ikutan forum film MMTC. Ini adalah salah ukm di kampus. Para maba yang ikutan, diacak, lalu digabungkan ke dalam satu kelompok. Nah, salah satu kelompoknya ini nih. Nggak tau betul sih, artinya dari "Makou" sendiri apa. Tau-tau pas aku cek grup, udah berubah ada namanya. Waktu itu, handphone-ku lagi rusak, makanya telat informasi gitu. Bahkan kalau kumpul aja harus mengandalkan teman.

Film sunting ini, story idea-nya berasal dari otakku. Waktu itu, kita lagi kumpul utuk membahas konsep cerita, naskah, dan segala tetek bengeknya. Salah satu temanku, namanya Ayik, bilang kalau dia pengen ceritanya berhubungan sama tim produksi film gitu. Dan, memang sih, kita menyepakati bahwa film yang akan kita buat bergenre horor. Alasannya adalah karena sederhana. Terus, tau-tau itu ide tuing muncul aja. Mereka langsung sepakat mengangkat cerita dari ideku itu.

Pra produksi berlangsung selama sebulan deh kurang lebihnya. Dua minggu selama pra produksi, aku sama sekali nggak megang handphone, oia, ketika produksi hari pertama pun aku nggak megang hanphone. Ahhh! Sedihhhh! Tapi, kita tuh produksi cuma dua hari. Sisanya, pra produksi. Terus, dua minggu ini lagi otw pasca produksi, yaitu proses editing.

Kalau kalian bertanya-tanya tentang apa cerita film ini, aku bakal jelasin sekilas.

Singkatnya, kisah ini tentang seorang editor dari produksi film bernama Deki (Decky Insan Kamil). Ketika dia sedang mencicil film untuk disunting, secara ajaib dia bisa melihat teman-temannya, yang ketika itu baru selesai edit syuting. Panik lah pastinya. Lucunya, teman-teman dia itu terjebak di lokasi syuting yang merupakan TKP dari kisah nyata yang mereka angkat menjadi film. Gampangnya gini, Deki bisa melihat apa yang teman-temannya tidak bisa lihat. Dia melihat sosok Suci, yaitu seorang cewek yang hamil di luar nikah dan bunuh diri di rumah itu. Terkesan seperti lanjutan dari film mereka buat, sosok Suci ini seperti melanjutkan adegan filmnya. Selanjutnya, dia bunuh diri di layar laptop si Deki. Panik dong lihat itu, dia berupaya untuk menolong teman-temannya. Ketika sampang di lokasi syuting, rumah itu sudah kosong. Dan, akhir-akhirnya malah dia sendiri yang terkunci.

Oke nggak jalan ceritanya? Harusnya sih oke!

Decky Insan Kamil as Decky, the editor
Kebetulan, si Decky ini memang pinter acting, dia sempat teater dulu. Karena dia adalah editor pula dia produksi Makou, yaudah, tanpa basa-basi, langsunglah dia diangkat menjadi pemeran utama.

Decky ketika dirias
Kita syuting di rumahnya Ayik karena di dekat rumah dia, ada rumah yang beneran kosong. Karena film horor, kita take selalu malam. Hari pertama malah dari jam 8 sampe jam 2 pagi. Kita pun nginap di sana. Hari kedua, udah nggak nginap. Take jam 3 sore, selesai set 12 malam, tapi nggak nginap. 

Ricky, Decky, Fikri, Ayik
Ricky Diswantoro sebagai lightingman dan audioman, Fikri Hendri Wicaksono campers, Wahyu Setyo Nugroho as the Director of Photography. Ini foto diambil pas syuting hari kedua. Tempatnya di pendopo kampus. Sorry, this production highly submits the understanding of narcissism. Particularry, the crews. Haha


Oh, kalau ini sihm raja dari persatuan ini, alias SUTRADARA. Namanya Anas Nur Yunianta. Wong jowo, asal gunung kidul. Haha. Dia itu teman sekelasku, manaprodsi 1B. He have worked hard for this project!
Yang bikin aku salut sama dia adalah komitennya sebagai sutradara. Lucunya, dia tuh mau bersusag payah gitu loh. Bahkan dia juga pernah menjadi ligtingman, dan ketika adegan si Deki lari-larian. Dia pun harus ikut lari,

Aktor lari, cameraman, sutradara juga lari. Astrada tidur di kamar waktu itu. Hahaha.
Maaf, aku khilaf.

Udah malam yaps waktu itu. Ngantuk bangeett. Dengan lapang dada, Anas pun memasrahkan anak buahnya ini untuk memejamkan mata dengan sigkat. 



Di bawah ini, selanjutnya adalah tampak dari dewa dari persekutuan ini, yakni Azka Nafisa alias produser. Enak sih, jadi produser. Ketika syuting, dia cuma liatin kita aja. Hahaha. Walau rasa panik, atau kepikiran mulu soal produksi tiada henti. Dia adalah otak dalam memecahkan masalah. Hahaha. Lebay!

Btw, dia juga main loh. Hahaha. Ya maklum lah, kekurangan tenaga aktor dan aktris. Waktu itu juga udah mepet banget. Susah yaps ternyata nyari talent. Karena udah males untuk nge-casting orang-orang lagi. langsung tarik-tarikin aja deh. 

Azka ini dari kelas manaprodsi 1B juga.  Orangnya menjulang tinggi berwarna hitam manis gitu. Hahaha.

Mitha, Maudy, Keenan


Masalah supaya muka talent nggak kumel di kamera, dapat diatara oleh make up. Hal ini bersangkutan dengan Maudy Hartani Noor Rabbani dan Sakti Kinanthi. Widiw! Panjang ya namanya. Haha. Mereka adalah bagian Make up and Wardrobe. Eits! Tapi, si Maudy ini juga sempat jadi scriptwriter. Iya, memang banyak banget ngerangkap jobdesk sih para crew  di sini. 



 Ah ilah! Ini sih, yang ngurusin perut yang menjerit kelaparan. Namanya Indana Zulfa Faza. Lucu gitu deh orangnya. Walau cewek, tapi dia anak teknik bo!

 Nah, sisanya di bawah ini adalah aktornya. Namanya Ghoris            Mahasena. Dia asalnya dari Jakarta. Pertama kali aku ketemu dia  adalah ketika meetup jabodetabek. Asik banget orangnya. Biasanya anak-anak animasi itu pendiam. Kinan, misalnya. Tapi, makhluk yang satu ini memang sedikit aneh. Udah biarin aja. Yang penting, acting-nya oke sih!

Foto-foto cast and crew cuma setengahnya. Sebenarnya masih ada lagi yang lainnya. Tapi nggak ikut foto-foto waktu itu karena nggak hadir syuting hari kedua. Yaps! Semua foto ini diambil ketika syuting hari kedua. 
















Okay! Udah dulu deh ceritanya. Aku mau ngampus nih. Nanti lanjut lagi deh. Oia, kalau trailernya udah ada, aku bakal upload juga. See ya!


Comments

Popular Posts