Healthy Food I Currently Consume

Rasanya ironis ketika semua orang tahu hahwa memakan clean foods dan olahraga adalah penunjang tubuh sehat dan aktif, tapi nggak sedikit yang mengabaikan dua rutinitas ini. Padahal katanya tubuh ini ciptaan Tuhan, tapi kenapa gak di jaga?

Perut buncit, badan lemas, pikiran nggak fokus, moody, dan berbagai macam penyakit yang bisa nyerang kapan aja... Tubuh ini rentan terhadap semua hal itu.

Nggak sedikit pula orang, terutama perempuan yang melakukan diet. Sayangnya dietnya masih banyak yang nggak benar. Pasti gara-gara kurang banyak wawasan dan referensi deh! Bukannya berat badan turun, penyakit malah hinggap.

Definisi sebenarnya dari diet menurutku adalah mengatur porsi makanan, bukan mengurangi porsi makanan aja. Cara ngaturnya gimana? Ya, dengan mengganti makanan kotor full of fat dengan makanan bersih full of beneficial nutrients.

Maka dari itu, sudah kurang lebih tujuh bulan aku banyak konsumsi makanan sehat, dan mengurangi makanan kotor. Meskipun, sejujurnya aku juga masih banyak ngemil, setidaknya nafsu makanku pada gula sudah sangat SANGAT berkurang.
Ini dia yang aku selalu sedia di kulkas!


1. Green Tea
Ah, entah udah berapa lama aku temenan sama teh hijau. Rasanya udah lama sekali! Haha. Ini adalah item pertama yang aku selalu sedia awal-awal melakukan pola hidup sehat. 

Teh hijau mengandung banyak banget antioksidan dan EGCG atau catechins. Aku gak tau EGCG (catechins) dalam Bahasa Indonesia apa. Yang pasti, ini merupakan zat kimia yang berguna untuk bakar kalori seharian serta untuk tingkatin jumlah dari noepinephrine, yakni hormon yang memberikan sinyal kepada sel-sel lemak, memberitahu mereka ini saatnya untuk penghancuran, tapi tetap mempertahankan otot.

Lemak yang dihancurkan ini adalah jenis lemak bahaya (abdominal fatsyang bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk minum teh hijau 30 menit sebelum olahraga supaya bakar lemak 17% lebih banyak.

Ada kafein untuk mengurangi kembung perut dengan cara menetralkan tempat penyimpanan air.

Kombinasi dari kafein dan EGCG ini juga bisa boosting metabolisme dalam jangka pendek maupun panjang.

Teh hijau bisa dikonsumsi lewat produk yang berupa teh celup gitu. Tapi jangan pakai gula. Sehari cukup 3 kali aja. Kalau aku biasanya pagi sebelum sarapan dan olahraga, siang sesudah makan, dan sore sesudah maghrib. Diminum tanpa gula dan dengan air hangat ya, gengs! Kalau air dingin, nggak ada gunanya buat proses pencernaan. Kalau nggak suka pahitnya, bisa juga minum pil ektrak teh hijau . Katanya pil teh hijau itu bisa bakar lemak 25-50%

Asyik deh! Paginya langsung BAB. Oh iya, teh hijau tuh 0 kalori loh! ;D



2. Jahe
Loh, jahe bukannya obat buat masuk angin atau flu? Haha. Salah besar. Sebenarnya jahe sudah menjadi obat anti-inflamasi sejak tahun 1970 berdasarkan penelitian jahe sebagai efek penghambat pada bio sintesis protaglandin. Aku nggak ngerti maksudnya apa. Yang pasti, berdasarkan hasil penemuan tersebut, jahe dikenal sebagai obat herbal pencegah penyakit. Terutama pada bagian perut.

Jahe adalah obat berbagai sakit di perut. Kalau untuk diet, biasanya bisa untuk hilangkan perut kembung. Bahan aktifdalam jahe disebut gingerol (ginger molecules). Selain bisa buang gas dari perut, juga bisa melancarkan proses pencernaan sama kayak teh hijau.

Jahe bisa mempercepat mengosongkan perut sampai 50%, mempercepat metabolisme, dan eliminasi nausea. Study tahun 2015 terhadap 41 partisipan dengan tipe dua diabetes, minum 2 gram bubuk jahe perhari langsung mempercepat penurunan kadar gula darah sampai 12%

Aku pribadi biasanya minum jahe itu setiap malam menjelang tidur sekitar jam 9. Aku beli jahe yang bentuk alaminya kayak gambar di atas. Bukan yang bubuk atau berbentuk produk. Itu aku iris kulitnya, aku ulek, nggak aku rebus, terus langsung aku seduh pakai air panas dicampur 1-2 sendok makan madu supaya manis. Ini aku lakuin nyaris setiap hari. Oh, iya alasan kenapa aku nggak rebus, karena aku pernah baca di salah satu sumber kalau jahe itu jangan direbus, tapi langsung seduh pakai air panas aja. Aku lupa alasannya dan dari mana sumber tersebut,


3. Oatmeal
Mungkin emang udah banyak banget yang tahu, bahwa oatmeal ini memang penting banget untuk diet. Dulu sejujurnya rada malas konsumsi oatmeal. Pas pertama kali coba rasanya enek meski udah dicampur susu cokelat. Ini aku coba pas awal masuk kuliah. Akhirnya aku stop konsumsi oatmeal kaerna nggak suka dan nggak terlalu affect di berat badan aku. Kemudian, sejak beberapa bulan lalu, aku sadar bahwa aku benar-benar nggak bisa ninggalin yang namanya sarapan.

Aku setiap kali sarapan biasanya bayam sama kacang merah dan tomat. Tapi, aku baca di Brightside, ternyata oatmeal itu bagus sekali untuk perut kosong karena mengandung karbohidrat kompleks. Meskipun bayam juga mengandung karbohidrat, tapi green veggies katanya nggak boleh untuk perut kosong karena kaya akan amino acids yang bikin sakit perut dan kembung.

Nah, tadi, kan, aku udah kasih tahu kalau oatmeal (gandum utuh) adalah karbohidrat kompleks, maksudnya adalah molekul-molekul karbohidrat tersebut diikat oleh beta glucan.

Beta glucan bisa ngurangin kolesterol dan pemasokan kalorie. Artinya bisa mengatur nafsu makan kita, jadi nggak kepengen makan mulu bawaannya. Caranya gimana? Beta glucan menghasilkan efek viskositas yang mempengaruhi cara makanan berinteraksi dengan mulut dan perut sehingga kita jadi merasa kenyang setekah makan oatmeal yang free fat and sugar ini!

Selain itu, serat yang ada di dalam oatmeal juga berguna sebagai makanan para mikroorganisme di perut yang kerja untuk proses pencernaan. Terus sebagai anti-inflamasi untuk cegah serangan jantung dan stroke.

Ada aktioksidan pula called avenanthramides. Semoga penulisannya bener.. yang ini untuk menurunkan tekanan darah dengan cara meningkatkan produksi  nitric oxide. Dengan begitu, pembuluh darah akan melebar, aliran darah jadi lebih stabil deh! Makanya yang punya penyakit tekanan darah rendah, dilarang buat makan oatmeal, tapi sangat disarankan untuk yang tekanan darah tinggi.

Aku biasanya makan oatmeal pagi-pagi. Dua jam sebelum olahraga, atau setelah olahraga. Jadi tergantung, olahraga dulu atau sarapan dulu. Dicampur sama madu dan kacang merah yang udah direbus. Kenapa kacang merah? keep reading!



4. Kacang Merah (Red Kidney Bean)
Selain sayur dan buah-buahan, kacang-kacangan juga penting bagi kesehatan dan wajib dimasukkan ke menu diet. Orang suka lupa nih! Sayangnya kacang-kacangan harganya emang agak lebih mahal. Makanya aku pilih kacang merah karena mudah dicari, murah, dan mudah diolahnya, nggak ribet. Asalkan belinya yang udah direbus, jangan yang masih kering.

Kacang merah mengandung 7-8 gram serat per 1/2 cangkir setiap porsinya. Ada serat larut dan serat tak larut, keduanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Serat larut (solible fiber) itu untuk mencerna makanan, mengambil nutrisi makanan yang kita makan seperti vitamin, mineral, dll. Sedangkan serat tidak larut (insolible fiber), itu untuk membuang limbah dari hasil proses pencernaan yang dilakukan oleh serat larut. Jadi, kotoran kita ketika BAB itu lebih banyak, nggak numpuk di usus.

Resistant-starch! Sama kayak oatmeal, karena mengandung karbohidrat kompleks, jadi kasih energi untuk mikroorganisme di dalam usus. Mungkin kalian masih bingung apa itu karbohidrat komples, hubungannya dengan serat, dan maksudnya mikroorganisme di dalam usus, beta glucan, resistant-starch, kalian bisa nonton video ini: How do carbohydrates impact your health? - Richard J. Wood karena aku juga bingung jelasinnya gimana. Yang pasti, karbohidrat kompleks itu yang terbaik.

Balik lagi ke red beans! Ini juga bisa sebagai kesehatan kardiovaskular karena terdapat 8 gram protein per 1/2 cangkir kacang merah per porsi. Tuh kan! Dari pada makan daging yang banyak lemaknya, mending makan kacang! sama-sama protein! hehe.

Ada minerals juga lengkap: kalsium, magnesium (zat besi), dan potassium (kalium) untuk kontrol tekanan darah. Daripada susu yang mengandung kalsium juga, tapi banyak gula dan lemaknya. Mending ini! Sama-sama kalsium! :p

Juga ada antioksidannya untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Nggak pengin kan penuaan dini gara-gara masuk molekul asing ke tubuh!? berdasarkan laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat tahun 2010, kacang merah punya ORAC (Oxygen Radical Absorption Capacity) score lima kali lebih tinggi daripada navy beans, entah itu apa.dan 10 kali lebih tinggi daripada garbanzo beans. Entah itu apa.

Okay segitu dulu. Nanti postingannya kepanjangan lagi. Kan, males bacanya! Nanti ada part 2 nya. Ditunggu, yaps! ;D

Referensi:
Brightside.me
Healthline.com
Sciencedaily.com
Livestrong.com
Youtube The Health Nerd
Youtube TED-Ed

Comments

Popular Posts