Rudy Hadisuwarno Hair Defense Series


Selamat siang, semuanya!
Kali ini aku mau review produk lagi, nih! Masih belum jauh-jauh dari rambut. Ini berdasarkan pengalaman aku banget sih pakai produk dari Rudy untuk menanggulangi rambut rontok yang super parah beberapa bulan lalu. Sebelumnya aku udah coba produk lain, seperti dari Makarizo dan Mustika Ratu, tapi nggak mempan. Akhirnnya setelah dengan penuh pertimbangan, aku memilih produk Rudy untuk perawatan yang lebih intens lagi.

It will be a long review, but if you only want to read one if the products, it's really okay. Just read what you want to read.


\
It says: Inovasi terbaru dari Rudy Hadisuwarno Cosmetics untuk membantu mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Rudy Hadisuwarno Hair growth Serum mengkombinasikan 3 bahan aktif alami penghambat pembentukan DHT. Intensive treatment serum ini bekerja dalam 4 hasil maksimal m4x, yaitu memberi nutrisi kepada kulit kepala, membantu memperkuat struktur rambut, mengurangi kerontokan dengan memperkuat akar rambut dan membantu merangsang pertumbuhan rambut, Efektif membantu mengatasi kerontokan dalam 1 minggu, dan merangsang pertumbuhan rambut dalam 2 minggu.

Those four maximum actions:
1. menutrisi kulit kepala agar rambut tidak rontok
2. Membantu memperkuat struktur rambut agar rambut lebih tebal dan tetap sehat
3. Membantu memperkuat akar rambut
4. Melancarkan peredaran darah pada area akar dengan pemijatan rambut sehingga membantu merangsang pertumbuhan rambut

[PACKAGING]
Kemasannya berbentuk kotak berukuran sedang. Warnanya light grey dengan desain mewah. Bahkan logo brand ini terlapisi warna perak menonjol gitu di cover depan kotaknya. Kotaknya keliatan oke banget, bahkan deskripsi tentang porduk ini, yaitu ada di belakang kotaknya, bener-bener bisa menarik orang untuk beli. Sampai ada penjelasan bagaimana produk ini bekerja segala (in four maximum actions), sangat tmenggiurkan.


Tapi, ketika kalian membuka kotak tersebut, tada! itulah wujud produk serum Rudy yang sebenarnya. Sangat nggak menarik. Warnanya abu-abu gelap. Dengan 6 tube yang masing-masing berukuran 9 ml, dengan font khas produk Rudy yang di-highlight lebih menonjol dibandingkan warna tubuh tube tersebut.. Pokoknya nggak eye-catching banget. Tube-nya terbuat dari plastik, very handy.

Tutupnya... hm, sedikit sempat bermasalah dengan tutup tube-nya. Haha. Sumpah, ada yang susah banget dibuka. Entah memang akunya yang lemah, atau memang ditutup super rapat agar tetap higienis sehingga sulit dibuka.Tapi, cuma ada dua tube yang susah dibuka, yang lainnya gampang banget. Aneh, kan!? Dan, itu tube pertama yang susah dibuka, sempat panik juga, Oiya, untuk tubuh tube ini, dia bisa dipencet, jadi bisa diatur mau seberapa banyak teteskan produknya ke kulit kepala.

Di dalam kotak kardusnya juga, it came withan instruction paper. Aku nggak foto karena udah ilang kertanya. Dan itu membantu banget, kalau matanya udah nggak jelas baca deskripsih yang ada di belakang kotak. Walau sebenarnya, deskripsi di belakang kotak pun nggak terlalu kecil tulisanya. Dibuka dari sisi samping kotak which is very creative karena akan memudahkan kita mengambil instruction paper tsb.



[TEXTURE, COLOR, & SCENT]
Nggak ada masalah dengan tekstur. Nggak ada masalah juga sama warna produk, who cares? Haha. Everything looked normal. Baunya.., it sometimes being the main problem. Kalau aku baca-baca review produk ini di google, sih, banyak yang gak suka sama baunya karena kekimiaan banget, dan sangat menyengat. Tapi, kalau aku pribadi, aku nggak terlalu masalah. Malah menurutku wangi aja sih, walaupun memang ada bau kekimiaannya.

[INGREDIENTS]
1. Sophora root extract. Ini semacam tumbuhan yang mengandung apa yang disebut sebagai Xiao Feng San atau Eliminate Wind Powder. Aku nggak ngerti maksud dari namanya apa, tapi yang pasti para dokter menggunakan formulai ini untuk masalah kulit ringan sampai yang kronis sekalipun. Sudah banyak kasus medis yang membuktikan bahwa ini adalah formula herbal yang efektif. Tapi, butuh dosis yang tinggi supaya formulanya bekerja. Selain penyakit kulit, obat ini juga bisa mengobati insomnia, diarhea, demam tinggi, detak jantung tidak normal, tangan dan kaki yang panas, infeksi urin, rambut rontok, sampai hepatitis B. Awesome, right? 

Kalau di kemasan Rudynya sendiri, ini berguna untuk mengurangi pembentukan DHT yang dapat menyebabkan kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut baru. Btw, DHT itu semacam hormon androgen yan kalau di pria membentuk kejantanannya. Suara yang lebih deep, misalnya.

2. Soybean proteins. Selain aromanya yang natural, soybean atau kacang kedelai berperan banyak banget untuk rambut. Kalau kalian baca di internet, benar sekali ini bisa menutrisi rambut. Hasilnya rambut menjadi lebih lembab. Sedangkan kalau di kemasan dijelaskan dapat memperlancar sirkulasi darah.

3. Hydrolyzed sericin. Aku kurang ngerti ini apa. Referensi hanya melalui internet, nggak begitu lengkap. Tapi, yang pasti ini bisa untuik hair and skin conditioning. Yup! di kemasannya pun, tertera bahwa ini untuk memelihara kulit kepala agar tetap sehat.

[HOW TO USE]
Based on the description, Ini digunakan ke kulit kepala yang sudah dibersihkan, atau udah dikeramas pokoknya. Kemudian, ditetesin aja setiap 3 kali seminggu dalam satu botolnya. Jadi, satu botol digunakan untuk 3 kali penggunaan dalam seminggu. Dan, aku menyarankan kalian untuk mengikuti rules ini, karena takutnya kalau kalian pakai lebih dari 3 kali dalam seminggu, kenapa-kenapa. Ini produk yang mengandung bahan kimia berat, menurutku. Aku pribadi setelah keramas, dikeringin dulu, seenggaknya nggak ada air yang netes-netes lagi dari rambut, baru ditetesin deh. Terus dipijit-pijit supaya menyerap.

[HASIL]
Jujur, setelah menunggu seminggu rutin pakai produk ini yang claim mengurangi rambut rontok selama seminggu, aku berharap banyak. Tapi, no! It's wrong! nggak kayak gitu. Rambutku masih aja rontok banget setelah seminggu. Bahkan setelah keramas rontoknya ditangan menggumpal kayak benang kusut, padahal nggak aku sisir. Produk ini baru kelihatan mengurangi rambut rontokkku pada tube terakhir. Itu pun masih rontok rambutku. Jadi, sampai produk ini habis, sampai semua tube terpakai, rambutku masih rontok. It took more than 1 month

BUT, yes! My hair became longer after that.  Dan, panjangnya itu kentara banget. Waktu itu aku juga baru aja potong rambut jadi pendek, setelah pakai serum ini, rambutku tumbuh lebih pesat.


Menjaga kekuatan dan menutrisi akar rambut agar tetap kuat, berkilau dan membantu mengurangi kerontokan. This is my favorite one!

[PACKAGING]
Agak berbeda dengan hair serum-nya. Rudy's hair defense series, berwarna coklat semuanya. Sebenarnya nggak secokelat itu di gambar. Aslinya lebih pucat warna cokelatnya. You know, produk Rudy kayak apa. I have no problem with the body design, ada tulisan ginsengnya which formula yang udah tersohor banget bisa mengurangi rontok, that was why i bought it. Tutupnya beda dari hair tonic product lainnya. Cara bukanya diputar, jadi jangan takut bakal bisa kebuka sendirinya ketika jatuh karena tutupnya kuat banget, karena diputar. 

Tubuh kemasannya terbuat dari plastik. Tutupnya bukan terbuat dari plastik, keras gitu. Aku nggak tau nama bahannya apa. Yang pasti asik banget pas buka produk ini, berasa muter gangsing. Haha. Setelah dibuka, tampaklah tube-nya, yang memudahkan kita untuk menuangnya di rambut. Tinggal tuang,  nggak ada pencet-pencetan. Nettonya 225 ml, dan belum juga habis sejak bulan Juli. Yang duluan habis serumnya.

Btw, kemasannya sangat SANGAT memakan tempat jika dibawa travelling. But, don't worry, it also came with the travelling package dan harganya jauh lebih murah dari yang ukurannya besar ini.

[TEXTURE, COLOR, & SCENT]
Again, i have no problem with the texture. As long as it is easy to be poured. Teksturnya udah pasti cair kayak air, warnanya putih bening, dan baunya nggak terlalu enak. Seperti ginseng pada umumnya, haha. I'm feeling like i have no argument here._. Aku suka banget sih sama produk ini!

[INGREDIENTS]
1. Ekstrak ginseng. Ah! Ginseng udah terbukti banget keampuhannya untuk masalah rambut. Profesor sang-Wook Son dari Korea University  College of Medicine melakukan research kepada 131 orang yang mengidap alpecia (kebotakan) selama 12 minggu. Mereka dibagi dua kelompok. Satu kelompok dikasih perawatan costicosteroids dan satu lagi dikasih costicosteroids juga tapi plus ginseng. Hasil kedua kelompok tersebut cukup menjanjikan, walau nggak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan penelitian ini, mereka menyimpulkan bahwa bahan herbal ini efektif karena ginseng mengandung bahan-bahan anti inflamasi (reaksi rubuh terhadap benda asing di dalam tubuh) dan anti alergi.

Selain itu, ginseng (terutama ginseng merah dari Korea) bisa meningkatkan jumlah papilla cells yang kulit kepala dengan cara mencegah sel-sel tersebut dari kematian. Terakhir, menurunkan tingkat stress. So Wow! Natural itu memang terbaik!

[HOW TO USE]
Biasa lah. Setelah keramas, tunggu hingga setengah kering. Pakai hair serum terlebih dahulu jika ada, kemudian baru pakai hair tonic-nya. Didistribusikan secara merata deh di kulit kepala. Terus dipijat-pijat. Tonic ini cukup dingin di kulit kepala, jadi bikin segar.

[HASIL]
Keliatan banget hasilnya di gue sumpah!! Walau hair serum-nya udah abis, tapi tetap pakai tonic. Ini nggak cepat habis pula. Aku merasa puas dengan harga di bawah 100 ribu yang cukup menguras. Tapi, masih termasuk terjangkau. Also it's local product! Aku merasa rambut aku yang sekarang lebih lebih sedikit banget rontoknya. Udah nggak kayak dulu lagi parahnya. Udah kembali normal. Dan, aku merasa bahwa ini semua tuh berkat produk ini. Berkat hair tonic-nya Rudy ini. Perlu dipakai berbulan-bulan, tapi nggak sadar, tau-tau rontok udah tinggal sedikit. Trust me!


This is my current shampoo. Sebelumnya, aku mau kasih tau, kalau aku cuma sedikit pakai sampo ini. Aku cuma beli yang kemasan kecilnya, i was doubt with its benefit. Aku cuma mikir, seenggaknya aku bisa matching ke tonic-nya.

[PACKAGING]
It's a bit different with the tonic. Bentuknya oval gepeng gitu. Sedangkan kalau tonic-nya kan bundar menyerupai silinder. Lebih handy. Lebih nggak makan tempat juga. Baik yang besar, maupun yang ukuran kecilnya. Warnanya juga cokelat. Baik tutup maupun tubuhnya terbuat dari plastik. Nothing's special, i think. Kalau untuk dibandingkan dengan produk sampo yang lainnya, menurutku, packaging Rudy nggak menarik. Warnanya bahkan nggak menarik. Huft! -_-

[TEXTURE, COLOR, & SCENT]
Teksturnya nggak sepadat sampo yang mengandung conditioner pada umumnya. Semacam Dove, dia kan padat banget tuh. Warnanya putih pucat, bukan putih kinclong. Aromanya juga..., yang ginseng banget lah. Tapi, masih lebih wangi dibandingin tonicnya.

[INGREDIENTS]
Same with the tonic

[HOW TO USE]
Kayak pakai sampo pada umumnya

[HASIL]
Aku merasa dia masih sama kayak sampo lainnya yang mengandung conditioner, or at least produk yang super melembabkan. Dia mengangkat minyak di rambut, bikin rambut super kering setelahnya, dan busanya juga banyak. Tapi, yang kurasakan di sini untuk rambut rontok, cukup oke. Mungkin karena aku pakainya satu set dengan tonicnya. Jadi, menurutku, yes, ini mengurangi rambut rontok.

Oke! Itu dia review-nya mengenai bagaimana aku pada akhirnya menemukan Rudy sebagai produk perawatan rambut rontokku dulu. Btw, Rudy Hair Defense series ini juga ada hair mask-nya, loh! Tapi, aku udah keburu tergiur dengan diskon hair mask dari L'oreal. Aku nggak tau harganya berapa, tapi aku penasaran juga sama hair mask Rudy ini. Belum tau juga belinya di mana._. Maybe someday....

Comments

  1. Thank you for sharing this! So hard to find a review about using both the serum and hair tonic hahaha

    ReplyDelete
  2. Bahasa linggis campur indonesianya gk enak bgt dibaca

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts